Artikel kepemimpinan

Karakter Pemimpin Ideal dan Idaman Bangsa Indonesia
Akhir-akhir ini, isu tentang krisis kepemimpinan mulai terdengar kembali. Hal ini terjadi sebagai dampak dari arus globalisasi yang bahkan bisa membunuh karakter dari pemimpin itu sendiri. Lantas karakter seperti apa yang ideal, idaman bagi bangsa dan harus dipertahankan dari jiwa seorang pemimipin ?
Sebelumnya, karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat,  bangsa  dan  negara. Sedangkan pemimpin adalah seorang yang memiliki superioritas tertentu, sehingga dia memiliki kewibawaan dan kekuasaan untuk menggerakan orang lain melakukan usaha bersama guna mencapai sasaran tertentu.
Dengan kesuperioritas yang dimiliki pemimpin, tentu dibutuhkan karakter tertentu juga yang ideal dan idaman bagi bangsa Indonesia. Diantaranya :
1.      Jujur.
Ditengah keadaan bangsa yang caruk maruk karena korupsi, tentu dibutuhkan pemimpin-pemimpin baru dengan karakter jujur dalam dirinya untuk menghentikan kasus korupsi itu sendiri.
2.      Bertanggung jawab.
Seorang pemimpin yang mampu menggerakan orang lain tentu harus memiliki rasa tanggung jawab atas orang-orang yang dipimpinnya dan mampu menyampaikan aspirasi yang diterima, dengan begitu sasaran yang dicapai pemimpin bisa sesuai.
3.      Memiliki wawasan luas dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Dan apabila pemimpin-pemimpin di Indonesia mempunyai karakter-karakter seperti di atas, niscaya negara ini bisa terus berkembang hingga menjadi negara maju, tentunya dengan kerjasama yang baik antara rakyat dan pemimpinnya.

Daftar pustaka :
http://pustaka.pandani.web.id/2013/03/pengertian-karakter.html
http://definisimu.blogspot.com/2012/09/definisi-pemimpin.html